Bismillah..

Menulis bagi saya adalah pelampiasan, dari penat kata-kata yang berdesakan memenuhi kepala..
Kata-kata yang terkadang tak ada yang ingin mendengar..

Kata-kata yang semoga saja memiliki makna.. :)

Friday, December 31, 2010

Tips Aman Belanja Online


bismillaah..
Makin banyak produk yang ditawarkan melalui dunia maya. bahkan terkadang produk yang ditawarkan sangat menarik dan sulit didapatkan secara offline. untuk anda yang belum berpengalaman dengan belanja online mungkin akan merasa bimbang untuk membeli produk tersebut atau tidak. semoga tips berikut yang saya susun dari pengalaman pribadi sebagai "frequent online shopper" dapat bermanfaat!

  1. Cari tahu sebanyak mungkin info tentang si penjual. Lihat info profil si penjual, pastikan anda menyempatkan diri untuk mengunjungi websitenya (bila ada)
  2. Lihat Testimonial! Tips yang satu ini mungkin yang terpenting dari semua di daftar yang saya tulis. karena testimoni dari pembeli yang sudah bertransaksi lebih dulu dengan si seller menunjukan apakah si seller benar2 berdagang atau hanya menipu. TAPI INGAT! jangan tertipu dengan testimony palsu. pastikan anda sempatkan untuk mengecheck profil si pemberi testimony. apakah profil asli, atau hanya profil kacangan. makin banyak testimony positif, semakin terpercaya online shop tersebut.
  3. Google nomor telpon seller. pastikan tidak ada laporan penipuan dari nomor tersebut.
  4. Hindari bertransaksi dengan online seller yang tidak memiliki website atau page facebook resmi. karena tentu akan sulit melacaknya kalau anda ditipu.
  5. A BIG NO NO untuk seller dari iklan baris!
  6. JANGAN PERNAH membeli barang elektronik (laptop, komputer, HP) via online! kecuali dari shop besar yang benar-benar sudah terpercaya dan memiliki layanan after sales yang bagus!
  7. Waspadai penjual HP/BB dengan harga miring yang mengaku menjual barang BM dari BATAM! (sudah banyak penipuanj dengan modus seperti ini) lebih baik beli HP/BB langsung di counter yang bisa anda lihat dan coba langsung!

setelah anda yakin bahwa si seller dapat dipercaya, lakukan hal-hal berikut:

  1. Perhatikan baik-baik spesifikasi barang yang akan anda beli! bahannya, warnanya, jangan sampai ada penyesalan di belakang.
  2. Lakukan transaksi dalam jumlah kecil. Jangan bernafsu untuk langsung memborong.
  3. SIMPAN semua bukti komunikasi dengan seller, baik SMS, email, atau inbox facebook. hindari transaksi yang hanya melalui telepon tanpa konfirmasi ulang via sms/email. just in case!
  4. Sepakati kapan barang akan dikirim setelah anda transfer. usahakan untuk meminta barang dikirim di hari yang sama!
  5. Setelah ada kesepakatan harga dan ongkos kirim, lakukan transfer dan simpan baik-baik BUKTI TRANSFER. jangan sampai hilang sampai barang yang anda pesan sudah anda terima dengan keadaan baik.
  6. Untuk transaksi dengan nilai besar, seumpama anda benar-benar tidak dapat menahan godaan untuk membeli digicam atau notebook dengan harga miring. SELALU GUNAKAN REKENING BERSAMA! apa itu rekening bersama? silahkan buka www.rekeningbersama.com
  7. Segera minta nomor resi pengiriman barang setelah lewat dari waktu yang disepakati untuk pengiriman. Kemudian check kebenaran nomor resi tersebut di web jasa ekspedisi yang digunakan. Jika web error (sering banget nih!) jangan ragu untuk menelpon jasa ekspedisi tersebut dan menanyakan status kiriman.
  8. Setelah pengiriman terkonfirmasi, tunggu dengan sabar. Karena jasa ekspedisi di indonesia memang lemot.
  9. Setelah barang diterima, check kondisinya. apakah sesuai dengan yang diiklankan. jika sesuai, Alhamdulillaah dan segera konfirmasikan ke seller.. :p jika tidak sesuai, silahkan komplain kepada seller dengan cara yang baik tentunya.. :)
regards,
Tiara
Jogja, 31-12-2010

No comments: