Bismillah..

Menulis bagi saya adalah pelampiasan, dari penat kata-kata yang berdesakan memenuhi kepala..
Kata-kata yang terkadang tak ada yang ingin mendengar..

Kata-kata yang semoga saja memiliki makna.. :)

Wednesday, July 8, 2009

"Our New Saviour" Sebuah catatan tentang pengalaman online pertama saya.

Masa SMA adalah masa penuh kenangan, yang walau sudah berlalu lama, masih banyak memory yang segar di ingatan. Bagi Saya, salah satunya adalah pengalaman pertama Saya berkenalan dengan dunia Internet pada tahun 2001.

Berawal dari buletin sekolah yang Saya terbitkan setiap minggu bersama beberapa teman Saya, ketika Kami kehabisan ide berita dan artikel, biasanya Kami merujuk pada majalah dan koran (old school banget yah? :P). Sampai suatu hari, deadline buletin Kami kurang dari 24 jam, sedangkan Kami saat itu tidak punya akses pada "Our Old Saviours" (Majalah dan koran), sehingga Saya yang gaptek "terpaksa" mencari sumber berita dari Internet yang kata orang bisa dengan mudah menemukan berita dan artikel tentang segala hal.

Dengan berat hati, Saya dan seorang teman pergi ke WARNET di belakang sekolah Kami, ternyata warnet itu sudah full, Kami terpaksa menunggu selama hampir 1jam!! huh, makin sebal saja Saya jadinya. Setelah hampir bosan menunggu, akhirnya Kami mendapat giliran. Teman Saya tidak kalah gaptek dengan Saya, sehingga Saya yang hampir tidak pernah menyentuh komputer kecuali sepekan sekali setiap pelajaran komputer di sekolah pun, terpaksa harus beramah tamah ria dengan perangkat modern yang tidak Saya sukai karena tidak Saya kuasai ini.

Dengan susah payah menggeser-geser mouse, akhirnya bisa juga Saya men"double-click" "Internet Explorer" yang artinya "Penjelajah Internet". Syukurlah walaupun saat itu Saya gaptek, tapi bahasa Inggris Saya terbilang cukup lumayan. Dengan modal bahasa Inggris yang lumayan itulah Saya berhasil membuka www.yahoo.com (satu-satunya website yang Saya tahu saat itu) tanpa instruksi dari siapapun. Begitupula ketika Saya melihat tampilan menu di Yahoo!, bahasa Inggris sangat membantu, selain juga karena terbantu icon menu (contoh: email yang berlogo amplop, messenger yang berlogo orang bicara, dll)

Saat melihat tombol "Search" yang berarti "Mencari" langsung saja Saya ketikan artikel yang Saya cari, "MADU DAN MANFAATNYA", tapi ternyata tidak ada artikel yang ditemukan :( . Saya lalu berinisiatif untuk mencari artikel tersebut dalam bahasa Inggris, "Honey and it's uses", dan search results yang Saya dapatkan sangatlah panjaaang. Waaaah, Saya takjub!!! Bayangkan! Butuh berapa bulan untuk mencari data dan artikel sebanyak itu tentang madu dan manfaatnya dari "Our Old Saviours" koran dan majalah?

Makin tergelitik rasa ingin tahu Saya, Saya masukan "random words" mulai dari boyzone sampai nama sekolah Saya di kolom search hanya karena sekedar ingin tahu, apakah "sudah masuk Internet"? sepertinya, semua hal yang "sudah masuk internet" mendadak jadi hal canggih buat Saya :D dan tiba-tiba saja, alergi Saya terhadap komputer jadi hilang seketika, dan berubah menjadi kekaguman.

Timbul banyak sekali pertanyaan di kepala Saya, bagaimana komputer dengan internet bisa melakukan semua kehebatan itu sedangkan komputer biasa yang tanpa akses internet tidak bisa? Bagaimana cara kerja Yahoo!, siapakah yang membuatnya, dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Sejak hari itu, Internet telah menjadi sahabat baru Saya, browsing, emailing, chatting, semua Saya "coba", dan sejak hari itu juga, Saya deklarasikan Internet sebagai "Our NEW Saviour".

2 comments:

ari said...

baca juga punyaku kalo sempat
hehehe

Tiara said...

udah baca dek. Bagus :)